UAS!

Tiga tahun di SMA ini bener-bener cepat. Apalagi kehidupanku selama ini banyak disedot kegiatan-kegiatan di luar pelajaran. Alhasil, di malam sebelum UAS seperti ini aku selalu harus ngebut materi satu semester. Apalagi kalau pelajarannya MIPA (yeah, natural sciences is just not for me).

Katanya sih, beban pelajaran di Indonesia itu termasuk yang paling berat di dunia. Berdasarkan dari cerita murid-murid sekolahku yang pernah ikut program sister-school, pelajaran di luar negeri memang lebih sedikit dan terfokus. Materi-materi yang diajarkan di Indonesia pun juga seringkali nggak tanggung-tanggung susah dan banyaknya.

Tapi, anehnya, nggak banyak siswa Indonesia yang berprestasi waktu ikut ujian internasional. Dengan sajian materi yang cenderung nggak berubah selama dua puluhan tahun, nyatanya kompetensi siswa Indonesia belum bisa mengimbangi siswa luar negeri. Jadi kenapa dengan materi yang boleh dibilang lebih unggul, kualitas lulusan sekolah di Indonesia masih rendah?

Yang jelas, aku harus belajar. Sekarang.

3 Responses to “UAS!”


  1. 1 alfare June 5, 2012 at 13:23

    Oh, kau masih SMA tapi udah mikirin hal-hal berat kayak gini? Hoo.

    Eniwei, waktu kesita ama hal-hal di luar pelajaran bukan hal yang buruk kok. Terus, ya. Emang pendidikan di Indonesia masih gado-gado dan belum tralu beriorientasi tujuan. Entah bakal kayak gini ampe kapan.

  2. 3 db June 14, 2012 at 20:23

    ndang dadio mentri pendidikan


Problem?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Previous rants

Challenging myself, and you

WordPress Post A Week 2014

Posting every week? Challenge accepted.

Just counting

  • 11,037 marbles

%d bloggers like this: