RTFT, Godammit!

Kadang-kadang, saya ditanyai teman-teman sealmamater mengenai pelajaran sekolah. “Luas selimut tabung rumusnya apa?“, “Blablablayaddayadda ini artinya apa?“, “Anu dikali anu hasilnya berapa?“, dan sebagainya. Jujur, saya benar-benar muak kalau disuruh menjawabkan pertanyaan seperti ini. Kesannya, saya ini jadi seperti ensiklopedia atau mesin komputasi serbaguna. Biasanya, kalau saya ditanyai model begituan, saya akan jawab sekenannya saja dan langsung berpaling. Atau malah cuma saya jawab dengan kata-kata “nggak tahu” dan “cari aja sendiri“. Hasilnya apa? Saya dicap sebagai orang yang pelit ilmu. Beberapa kali saya diingatkan guru supaya bisa lebih “dermawan” sedikit dalam memberikan ilmu. Dan itu biasanya cuma saya tanggapi dengan mengiyakan dan mengangguk-angguk seperlunya.
 
Sebagai siswa yang agak melenceng dari rata-rata siswa pada umumnya, saya dianjurkan memberikan arahan bagi teman-teman saya supaya dapat menguasai pelajaran yang belum mereka kuasai (itu kata salah satu guru, sih). Salah satunya ya dengan itu tadi, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan seputar mata pelajaran. Saya tidak keberatan ditanyai seputar pelajaran sekolah, tapi pertanyaan yang diajukan itu lebih sering bersifat terlalu mendasar (dalam artian, sudah termuat dalam buku) sehingga saya seolah-olah disuruh membacakan ulang isi buku atau kamus. Inilah yang membuat saya jengkel bukan main.
 
Saya yakin semua yang bertanya pada saya sudah mempunyai buku sendiri-sendiri. Saya yakin mereka sudah fasih membaca, apalagi membaca SMS yang antara huruf besar dan kecilnya disebar-sebar secara membabi buta. Bertanyalah karena tidak paham, bukannya bertanya karena malas membaca!
 
Read the F-ing Manual Textbook, Godammit!

10 Responses to “RTFT, Godammit!”


  1. 1 Annasophia January 22, 2010 at 23:20

    pertamax

    sama menyebalkannya dengan pertanyaan ini, “Kenapa bisa begitu?”
    Eh, tapi semasa kecil saya sering nanya begitu. Bahkan sampai sekarang sih yang hasilnya saya sama-sama bikin orang lain kesal juga. Karma mungkin.
    Bukan mau sok bijak tapi kayaknya itu memang namanya konsekuensi jadi orang berilmu deh. Ditanya-tanya oleh yang, mungkin kurang tahu. Kebetulan kita tahu, yang bertanya tidak tahu makanya dia mencari tahu ke kita. Tapi kenapa dia ga baca ensiklopedi dan bertanya ke kita? Malas membaca, atau dia sekedar mencari cara mengetahui yang lebih menarik dari sekedar membaca textbook😆

    Semengesal-mengesalkannya pertanyaan-pertanyaan itu terkadang bisa lebih menyebalkan pertanyaan, “Apa kabar?” [psycho mode: on]

  2. 2 !notanuuid January 23, 2010 at 03:03

    Reddit DoesAnyoneElse post in 3, 2, 1…

    Anyway, I hate to say it, but:

    THIS.

  3. 3 Syllachtea January 23, 2010 at 10:27

    @ Annasophia

    Semengesal-mengesalkannya pertanyaan-pertanyaan itu terkadang bisa lebih menyebalkan pertanyaan, “Apa kabar?” [psycho mode: on]

    Benar juga!😯

    @ !notanuuid

    And what does it mean?😕

  4. 5 Syllachtea January 24, 2010 at 23:24

    I get your point, mister. It looks like I’m still not get used to the internets.:mrgreen:

  5. 6 !notanuuid January 26, 2010 at 10:19

    Don’t worry, I’m just your typical 4chan-ner.

  6. 7 juliet niez May 7, 2010 at 10:54

    ngambek ne ye..

  7. 8 Abdul Hazred May 7, 2010 at 11:08

    Goblok bener sih yang punya blog ini! Masak orang alay nanya aja sampe digituin. Ga punya malu emang nih orang.:mrgreen:

  8. 9 !notanuuid August 10, 2010 at 23:45

    Looking back, I’m starting to think that you’re actually INTx, or even (gasp!) INTP.

  9. 10 syllachtea August 11, 2010 at 08:11

    INTJ, to be precise.:mrgreen:

    BTW, can’t I use nested comment with this theme?


Problem?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Previous rants

Challenging myself, and you

WordPress Post A Week 2014

Posting every week? Challenge accepted.

Just counting

  • 11,037 marbles

%d bloggers like this: