“Nggak maksud ngejek sih, tapi…”

X
Eh, lagi ngapain? :-D

Y
Lagi bikin gambar anatomi nih. :-)

stickman
X
(terdiam)
Nggak maksud ngejek sih, tapi kok kayaknya kurang proporsional ya…. :-(

Y
Eh, uasem, der Hund! Kalo mau ngejek ngejek aja, gausah pake tapi-tapian! :evil:

X
Lho, aku kan nggak– :-?

Y
Alah, mau alasan apa, ha? Kata-katamu aja udah nunjukin kalo kamu emang niatnya ngejek. :mad:

Apa iya Si X yang nggak sensitif atau Si Y aja yang alayPedantically speaking, Si Y ada benarnya juga. Lah, kok bisa?

Perhatikan kalimat ini:

Nggak maksud ngejek sih, tapi kok kayaknya kurang proporsional ya….

Seperti yang kita lihat, kalimat ini mengandung dua bagian (istilah resminya klausa). Keduanya dihubungkan kata tapi. Kata tapi pada dasarnya menunjukkan pertentangan antara bagian pertama dan kedua. Kalau kita baca bagian pertamanya saja:

Nggak maksud ngejek sih, tapi…

berarti kata-kata yang keluar setelah itu adalah ejekan. Iya kan? :mrgreen:

Waktu SMP dulu aku pernah membaca buku ‘psikologi’ terapan (lupa judulnya) yang membahas masalah semacam ini. Di sana dikatakan, kalau ada orang yang bicara begitu padamu, berarti dia sedang mengejekmu secara tidak langsung. Aku sendiri tidak setuju. Kebanyakan orang bilang seperti itu karena tidak tahu makna sebenarnya dari kata-kata mereka. Inilah bahasa lisan yang seringkali suka mbeleset dari kaidah bahasa yang baku. Apalagi bahasa kita, bahasa Indonesia, yang kebanyakan penuturnya buta soal grammar.

Tapi lain lagi kasusnya kalau kata-kata ini diniatkan untuk mengejek, dengan sedikit bermain kata…. :roll:

Menurut sampean?

About these ads

1 Response to “<em>“Nggak maksud ngejek sih, tapi…”</em>”


  1. 1 syllachtea March 22, 2013 at 14:58

    BTW, I really love these WP emoticons. I still prefer them than even Line stickers.


Problem?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Previous rants

Challenging myself, and you

WordPress Post A Week 2014

Posting every week? Challenge accepted.

Just counting

  • 7,724 marbles

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,431 other followers

%d bloggers like this: